Laman

Jumat, 24 Agustus 2012

Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa

JudulPenerapan model pembelajaaran kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran menangani surat oleh dokumen kantor siswa kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Blitar oleh Sari Kusumawati
PenulisKusumawati, Sari
Pembimbing
Penerbitan, S1 .
Subyek
Label
Abstrak
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa
Dalam pembelajaran kooperatif, lingkungan belajar dan sistem manajemen dalam pembelajaran dicirikan dengan sifatnya yang terbuka, ada proses demokrasi, dan peranan siswa yang aktif. Guru dan siswa sama-sama melakukan pembelajaran terstruktur dan bebas mengemukakan pendapat pribadi.

Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk lebih memberdayakan siswa agar tidak hanya menghafalkan fakta, tetapi juga mengkonstruksikan pengalaman dan pengetahuan siswa adalah model pembelajaran Think Pair Share. Model think pair share memberikan waktu kepada para siswa untuk berpikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain.

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Blitar sudah dapat diterapkan sesuai dengan rencana apa belum, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Blitar setelah mengikuti model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) pada mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor, 3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) pada mata pelajaran Menangani Surat/ Dokumen Kantor kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Blitar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang telah diamati. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian mulai awal hingga akhir penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK 4 SMK Negeri 2 Blitar yang mengikuti mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi terhadap guru dan siswa, catatan lapangan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share di SMKN 2 Blitar khusunya kelas X APK 4 berjalan sesuai dengan rencana. Hal ini dapat ditunjukkan dari prestasi belajar siswa ternyata dapat ditingkatkan. Pada siklus I yang tuntas belajar 78,06% sedangkan pada siklus II sebanyak 86,18%. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa dan guru dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share.

ii

Aktivitas belajar siswa aspek afektif meningkat 5,89%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata kelas sebesar 85,50%, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas mencapai 91,39%. Untuk aspek psikomotorik juga terdapat peningkatan 14,95%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata kelas sebesar 75,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata kelas sebesar 90,39%. Untuk aktivitas guru meningkat sebesar 3,13%. Hal ini terbukti pada siklus I rata-rata sebesar 96,87%, sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 100%. Dari angket yang disebarkan kepada 34 siswa, setelah mengikuti model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor respon yang dihasilkan adalah sangat positif.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disarankan kepada pihak sekolah SMKN 2 Blitar untuk menyediakan media pembelajaran dan menghimbau kepada 70% guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif disamping model konvensional, bagi guru mata pelajaran Menangani Surat/Dokumen Kantor dianjurkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) karena hasil penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa, bagi siswa disarankan agar tidak hanya memanfaatkan sumber dari modul yang sudah ada, tetapi juga harus mencari dari sumber lain, dan bagi peneliti berikutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dalam proses pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar